Tips Mengubah Jaringan


Tips Mengubah Jaringan 3G ke 4G atau Sebaliknya

Gambar terkait


Setelah ada kamera, kemajuan dunia komunikasi ini berlanjut ke smartphone atau telepon pintar. Ada banyak jenis smartphone ini, mulai dari yang berbasis dual core hingga octa core, semuanya tentu menarik untuk kita miliki. Penemuan penemuan pada teknologi smartphone ini memudahkan untuk kita browsing, berhubungan dengan seseorang di dunia maya, dan mengetahui semua berita dunia hanya dalam genggaman saja.

Karena jaringan internet hp android menjadi cepat dan stabil. Tapi tentu jika sang sinyal sedang buruk, ini yang sering kita eluh-eluhkan, dan tentu membuat kita jengkel bukan main. Jaringan sinyal yang stabil dan kuat merupakan hal yang paling diidamkan para pengguna perangkat gadget ataupun android smartphone dan perangkat lainya seperti laptop.
Kini masalah kecepatan jaringan internet yang bisa diatasi menggunakan koneksi 4G LTE. 4G saat ini menjadi salah satu teknologi akses jaringan internet tercepat yang ada. Dengan menggunakan teknologi LTE ini, untuk saat ini, mampu mengubah kecepatan jaringan menjadi 300/50 Mbps. Sehingga mengetahui cara merubah jaringan 3G ke 4G di Smartphone cukup penting.

Akan tetapi, ada banyak pengguna smartphone yang mengeluh karena sinyal 4G di smartphonenya tidak bisa digunakan alias tidak muncul jaringan tersebut pada smartphone. Nah bagi anda yang juga mengalaminya, berikut ini tips bagaimana cara mengubah sinyal 3G ke 4G di smartphone Android.

Mengubah Pengaturan Jaringan

Pada setiap perangkat smartphone itu memiliki pengaturan bawaan yang berfungsi untuk menerima jaringan yang didistribusikan daro jangkauan bts operator.
Pada kebanyakan smartphone, itu memiliki pengaturan bawaan yang bisa diubah kapanpun melalui menu setelan. Jadi cukup arahkan ke menu berikut ini:
o     Settings -> Wireless & Network -> More -> Pilih "WCDMA Preffered/WCDMA Only".

kamu mungkin sebaiknya melakukan refresh atau melakukan reboot untuk menerapkan pengaturan jaringan sepenuhnya.

Jika cara diatas tidak bisa kamu lakukan, maka ada cara alternatif yang bisa kamu lakukan. Cara ini melalui panggilan dial untuk perangkat untuk mengubah melalui setelan tersebunyi perangkat. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan panggilan ke nomor berikut:
o     *#*#4636#*#*

Namun pastikan, sim card yang dituju telah kamu masukan sebelumnya di smartphone kamu. Setelah itu lakukan panggilan dan sebuah jendela popup menu akan muncul, kamu cukup memilih informasi telepon yang muncul. Kemudian pilih menu "4G LTE Only".
Sama halnya seperti penerapan sebelumnya, kamu mungkin perlu melakukan reboot untuk menerapkan fungsi sepenuhnya.
Gambar terkait

Cara Alternatif Mengubah Kuota 4G Menjadi 3G

Selain kode tersembunyi yang dijelaskan diatas, ada beberapa kode panggilan lain yang bisa kamu terapkan. Yaitu melalui panggilan ke nomor berikut:
o     *#0011#

Kemudian lakukan panggilan seperti biasanya. Kemudian masuk ke Mode Service dan pilih Key Input. Saat memasukan key input, ketikkan huruf Q kapital, kemudian pilih Back. Lalu kembali masukan Key Input. Cukup memasukan nilai key input 0000.

Setelah itu, melalui menu jaringan pilih "CDMA" dan beberapa saat jaringan kamu akan melakukan refresh ke mode 4G. Namun sayangya tidak semua perangkat didukung oleh penerapan ini. Jadi apabila perangkat kamu adalah salah satu yang tidak mendukung penerapan diatas, maka alternatif paling jitu yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan modem mifi yang mendukung jaringan 4G untuk didistribusikan ke smartphone atau perangkat 3G kamu.

Komentar