Tips Memilih Foundation

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini juga sudah banyak diproduksi foundation yang cocok untuk jenis kulit berjerawat. Biasanya foundation yang khusus digunakan untuk kulit berjerawat memiliki formula yang berbeda dan dapat membantu mengurangi kelebihan minyak, menutup bekas jerawat dengan baik, serta tidak menyumbat pori-pori.


Jenis-jenis Foundation
1. Hydrating Foundation
Jenis foundation hydrating sangat cocok bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan mudah sekali mengelupas. Karena foundation hydrating dapat melindungi kulit dengan baik, mengurangi kelebihan minyak serta melembabkannya. Selain itu foundation jenis ini tidak menyumbat pori dan memberikan hasil matte di akhir aplikasi.

2. Liquid foundation
Sesuai dengan namanya, foundation ini berbentuk cair, pengaplikasiannya sangat mudah dan cepat merata pada seluruh permukaan wajah. Anda dapat menggunakan foundation ini sebagai alas bedak sehari-hari jika wajah Anda sangat berminyak.

3. Water based foundation
Foundation ini memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga sangat cocok untuk jenis kulit berminyak dan jerawat. 

4. Moisturising foundation
Anda dapat menggunaan moisturisin foundation jika wajah Anda berjerawat namun juga kombinasi. Biasanya juga dilengkapi kandungan SPF, vitamin C dan E serta antioksidan.

5. Powder foundation
Dari berbagai jenis foundation, jenis powder ini merupakn alas bedak yang paling baik untuk mengontrol minyak berlebih. Karena lebih ringan, maka powder foundation lebih mudah dalam memakainya. Bisa digunakan oleh penderita jerawat ringan maupun jerawat yang parah karena tidak menyumbat pori-pori kulit.
Setelah memakai foundation sepanjang hari, sebaiknya biasakan selalu memakai deep cleanser dan facial foam yang efektif sehingga dapat membersihkan kulit dengan maksimal.

Memilih warna foundation
Kita mungkin pernah mendengar warna Natural beige? Natural? Creamy Natural? Medium? Dan sederet nama pilihan warna foundation lainnya yang terkadang membuat bingung. Mencoba foundation di punggung tangan sebenarnya cara yang tidak tepat. Karena masih besar kemungkinannya tetap tidak cocok warnanya ketika dipakai di wajah. Ini dia cara tepat memilih shade foundation sesuai warna kulit.

Berikut adalah warna-warna foundation :

Putih Gading (ivory)
Warna kulit putih gading adalah warna kulit yang paling terang. Warna kulit ini terlihat putih, terang dan ringan. Jenis warna kulit ini hanya Memiliki pigmen feomelanin (pigmen yang menyebabkan kulit putih). Warna kulit putih dalam hal warna make up seperti lipstik, eye shadow, dan blush on lebih cenderung cocok menggunakan make up berwarna gelap seperti merah tua dan merah hati dibandingkan warna-warna terang seperti baby pink. Karena jika dipadukan dengan warna-warna terang, kulit akan terlihat pucat.
 
Kuning Langsat / Cokelat Terang ( Natural)
Warna kuning langsat berada di tengah barisan kulit orang Asia. Warnanya gelap sedikit dari putih gading dan kelihatan hangat. Cerah dan penuh kekuatan. Jenis warna kulit ini Memiliki pigmen feomelanin yang dominan (pigmen yang menyebabkan kulit kuning sampai putih) sehingga berwarna kuning langsat. Warna kulit kuning langsat yang cenderung 'hangat' sangat cocok dengan warna-warna lembut seperti pink dan merah terang. Jenis kulit ini juga keliatan bercahaya dan cerah saat dipadukan dengan nuansa warna gelap seperti hitam dan cokelat.
 
Sawo Matang (Beige)
Sawo matang adalah warna kulit yang paling banyak dimiliki oleh etnik orang Asia dan lainnya. Memiliki pigmen feomelanin yang lebih sedikit, Warna kulit jenis ini lebih dominan mempunyai banyak pigmen warna cokelat. yaitu pigmen eumelanin (pigmen yang menyebabkan kulit coklat sampai hitam). Fungsinya membuat kulit terlihat lebih sehat, mampu melindungi kulit dari sinar UV yang bisa meningkatkan resiko kanker kulit. Warna kulit ini lebih awet muda . Kalau untuk urusan make up orang berkulit sawo matang berlipstik pink berry atau merah, semakin gelap warna kulit, maka pilihan make up yang digunakan juga makin terang.
 
Gelap / Cokelat Gelap (Tans)
Barisan warna kulit terakhir adalah warna Gelap / Hitam Manis (tans). Jenis warna kulit ini hanya memiliki pigmen eumelanin (pigmen yang menyebabkan kulit hitam).
Untuk urusan make up, si hitam manis tidak terlalu cerewet dan ribet. Sebenarnya semua warna make up cocok untuk anda yang berkulit gelap, tapi lebih recomended memakai make up dengan warna-warna hangat seperti orange, rose, peach, cokelat, atau warna-warna yang cenderung gold.

Dibawah ini beberapa aturan menggunakan foundation :


1. Coba warna foundation di wajah atau kulit leher
Untuk memilih warna yang tepat, hindari mencoba foundation hanya di tangan. Anda perlu memakainya di wajah atau kulit leher supaya warna kulitnya pas di wajah. Pilihlah warna foundation satu tingkat lebih terang dari warna kulit supaya bisa membuat wajah terlihat lebih segar.

2. Gunakan di tempat yang terang
Warna foundation yang sesuai dengan kulit bisa membuat Anda kesulitan saat meratakannya di seluruh wajah. Untuk itu, gunakan foundation di tempat yang terang supaya pigmen warna dari foundation terlihat dan lebih mudah digunakan secara merata.

3. Pastikan kulit Anda sudah bersih
Sebagai makeup dasar, foundation bisa memengaruhi penggunaan produk makeup berikutnya. Untuk itu, pastikan Anda selalu membersihkan dan memakai pelembap sebelum menggunakan foundation.

4. Pastikan memakai bedak
Bila ada beberapa bagian di wajah yang tidak perlu disamarkan, hindari memakai foundation karena akan membuat makeup Anda menjadi tebal. Selain itu, pastikan memakai bedak supaya formula dari foundation bisa bekerja dengan lebih baik dan makeup bisa tahan lebih lama.

5. Gunakan foundation dengan spons makeup
Supaya lebih rata dan terlihat lebih baik saat memakau foundation, pastikan Anda menggunakan spons makeup yang kering. Anda bisa memakai beautyblender yang kering atau kuas yang kencang supaya lebih rapi.

Komentar